RSS

Mutasi SIM dari Jakarta ke Bogor

09 Mei

Assalamualaikum masbrooo…

dah lama ga buka warung kecil bin imut ini…, kangen juga🙂 berikut saya ceritakan pengalaman saya mengurus mutasi SIM saya dari kota Jakarta ke Bogor, maklum rakyat kecil, terpaksa harus tinggal “minggir” dari Jakarta..hehe.., karena saya ingin segala urusan menyangkut administrasi saya maupun keluarga tidak terjadi data yang tumpang tindih dan carut marut, saya pun memberesi segala sesuatu yang bersangkutan dengan surat2 catatan sipil saya, mulai dari KTP, KK, dan terakhir SIM saya, maka setelah tanya sana sini dengan rekan yang mengerti tentang proses mutasi SIM, maka berangkatlah saya pada hari sabtu tanggal 14 April 2012 lalu ke tempat pengurusan SIM Polda Metro Jaya di bilangan Daan Mogot sana, kenapa saya pilih hari sabtu? alasan pertama…gak macet..dan sepiiiii masbrooo…!!!

Setelah saya sampai sekitar pkl 09.30 wib sayapun langsung masuk, dan saya amat terkejut dengan keadaan tempat pembuatan SIM sekarang…bersih dari Calo masbroo !! wuiiih…mantaaaap…!!! , sayapun langsung dihampiri oleh bapak Pulisi yang cukup ramah menanyakan keperluan saya, “Siang Pak, mau mengurus SIM?” saya langsung jawab, ” Siang juga Pak, nggak Pak, kebetulan saya mau mutasi SIM saya dari Jakarta ke Bogor”, dengan sigap si bapak Pulisi langsung memberi petunjuk, ” Langsung saja Pak ke Lantai dua, bagian arsip, tapi jangan lupa KTP dan SIM nya difotocopy dulu 2 lembar”…..”SIAAAAPPP PAAAAK…!!!!”🙂

Sayapun langsung menuju ke bagian Arsip di lantai dua, dan ternyata memang betul masbro, cukup siapkan fotocopy KTP dan SIM 2 (dua) lembar saja dan langsung diberikan kepada petugas diloket , tunggu kurang lebih 30 menit……sayapun dipanggil dan diberikan hasil Print out data dari SIM Jakarta saya, setelah itu saya disuruh menuju ke salah satu ruangan ( dilantai yang sama ) untuk mengambuil surat pengantar untuk pengurusan ke Bogornya….setelah itu…Selesai !!! tanpa dipungut biaya apapun !!! sekali lagi…Mantaaaaappp…!!!!🙂

Contoh Surat Pengantarnya masbroo...

Contoh Surat Pengantarnya masbroo…

Pada hari senin tanggal 16 April 2012 sayapun mengurus pembuatan SIM Bogor saya di Polres Bogor, tetapi masbrooo…..welahdalaaaah…berbanding 180 derajat situasinya….calonya buanyak bueneeeeeerrrr…!!!! karena saya ingin mengurus sendiri proses Mutasi SIM saya, saya pun menolak segala bujuk rayu para Calo tersebut, bukannya pelit…tapi ga ada duit…hihihihi…, memang sih untuk mengurus sendiri membutuhkan waktu yang agak lebih lama daripada mengurus via Calo…, mulai dari pkl.09.30 selesai pkl.15.00…!!.., tapi puaaaaasss…!!! dan untuk biaya pun bila dibandingkan dengan para Calo…jauuuuuuh masbroooo…!!! cukup untuk beli bensin subsidi selama sebulaaaaaan…!!! wkwkwkwkwk….

Maka dari itu masbroo…, usahakan untuk mengurus SIM sendiri…disamping dari segi biaya bisa berhemat, kan jarang2 tuh kita “nongkrong” seharian di tempat pembuatan SIM…hihihi…

Cukup sekian dulu….semoga berguna, wassalam..!!!

 
30 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 9, 2012 in Uncategorized

 

Tag: , , ,

30 responses to “Mutasi SIM dari Jakarta ke Bogor

  1. j-punk

    Mei 11, 2012 at 12:23 am

    bogorna dimana gan-

     
  2. imsantoso

    Juni 2, 2012 at 10:35 am

    thanks infonya.. kebetulan saya juga mau mutasi sim..
    semoga cepet seperti pengalaman sampean..

     
  3. med

    Juli 3, 2012 at 5:49 am

    Wah berarti Budi beruntung ya.
    Saya hari ini mengurus surat mutasi juga untuk sim A dari jakarta ke bogor di daan mogot.
    Saya tiba sekitar pukul 08.30
    Setelah ke lantai 2 memberikan fotocopy ktp dan sim, petugasnya bilang, berkasnya bisa diambil jam 11.
    Berhubung saya mau langsung ke kantor dan sudah telat, saya menanyakan apakah bisa diwakilkan oleh orang lain, dan petugas menjawab bisa.
    Sebelumnya dia menanyakan apakah mau terima bersih, atau mau minta tanda tangan sendiri. Tanpa mengerti maksudnya, saya jawab saja terima bersih.
    Paling saya pikir kasih uang rokok.

    Jam 11.00, saya minta tolong tukang ojek langganan untuk mengambil berkas.
    Ternyata sampai disana petugas dengan inisial M, dengan memegang amplop coklat berisi surat pengantar, dan langsung menyebutkan nominal Rp. 100,000,-.
    D (tukang ojek langganan) menelfon saya dan saya sempat kaget juga.
    Akhirnya karena sudah tanggung, saya perintahkan untuk kasih 50 ribu saja dan terserah dia mau atau tidak.
    Karena kalau sampai dia tidak mau juga, saya berencana datang sendiri untuk “menkonfrontir” petugasnya.
    Akhirnya D disuruh tunggu sekitar 15 menit, dan kemudian petugasnya menanyakan “bagaimana pak?”. (sambil memegang amplopnya).
    D langsung mengambil amplopnya dan “menyelipkan” uang 50 ribu.
    Petugasnya sambil cemberut bilang “wah segini mana cukup. ngurusnya aja susah”.
    Tapi Pak D langsung tinggal pergi saja.
    Padahal sebelumnya saya dengar klo mengurus surat2 di daan mogot sudah gampang dan tidak ada lagi namanya “biaya lain2”.
    Hmmm…ternyata masih ada juga ya….
    Apakah karena saya mengambil berkasnya diwakilkan oleh orang lain makanya dia minta “biaya lain2” ya?
    Untuk amannya sebaiknya yang bersangkutan mengurus segalanya sendiri.
    Sekian pengalaman saya yang masih “fresh from the oven” :p

     
    • budicileungsi

      Juli 3, 2012 at 7:02 am

      wah, turut berbelasungkawa masbro…
      makanya, mending urus sendiri deh lain kali yaaa
      (curiga juga ama tuh tukang ojek🙂 …hehehehe… )

       
  4. Herry

    Agustus 25, 2012 at 3:27 pm

    Mas, surat dokter bisa mengurus di polres bogor? Makasih..

     
    • budicileungsi

      September 4, 2012 at 8:03 am

      bisa mas, waktu daftar kan tes kesehatan dulu ?

       
  5. GMC

    September 6, 2012 at 2:33 am

    wokeyyy

     
  6. zokerbro

    Oktober 8, 2012 at 2:49 am

    mas. kalo mutasi sim c dari bekasi ke bogor caranya sama?

     
    • budicileungsi

      Oktober 8, 2012 at 7:28 am

      Sepertinya sih sama aja mas, cabut berkas – surat pengantar – urus di Bogor deh…

       
  7. dadank

    November 2, 2012 at 2:03 pm

    mas nanya yg kita ksih tu potopy ktp jakatra ap bogor. yg di daan mogot’.

     
    • budicileungsi

      November 6, 2012 at 2:58 am

      SIM Jakarta sama KTP Bogornya mas, di fotokopi semua, masing2 2 (dua) lembar.

       
  8. dadank

    November 5, 2012 at 2:27 pm

    hui

     
  9. fathur

    Desember 6, 2012 at 3:00 pm

    assalamu’alaikum, mas budi…ane mau tanya” pengalaman ente, dan ane mau mau mutasi sim juga ke bogor dari jakarta bulan ini karena awal tahun depan udah habis berlakunya, boleh silaturohim nomer mas budi ke ane tolong di email ya segera ke : kawan1425@yahoo.com , trims wassalam.🙂 fathur, cileungsi , rawa ilat harmoni

     
  10. dody

    Desember 21, 2012 at 7:08 pm

    mas budi, polres bogor itu dimana ya? soalnya sy juga mau mutasi sim dari jakarta ke bogor… thx wat infonya ya…

     
    • budicileungsi

      Januari 4, 2013 at 10:25 am

      di Jl.Raya Pemda mas, depan kantor Bupati Bogor.

       
  11. Rooney

    Januari 6, 2013 at 2:30 pm

    utk minta surat pengantar, hrs bawa / nunjukin sim asli juga ga mas atau hanya 2 lbr ftcopy? trs boleh diwakilkan?Thx

     
  12. Aris Bian

    Januari 8, 2013 at 4:31 am

    pada saat perpanjangan sim dibogornya ada test lagi tidak mas bro ?? dan biayanya berapa ???

    thx
    ArisBian

     
    • budicileungsi

      Maret 6, 2013 at 8:54 am

      untuk biaya terpampang jelas di tembok, tapi nggak jaminan…hehehe…

       
  13. amir

    Januari 31, 2013 at 1:45 am

    mass bro pake acara di tes ulang gak? ya tes bawa mobil or motornya?

     
    • budicileungsi

      Maret 6, 2013 at 8:52 am

      kalau sim nya masih berlaku ga pake tes masbroo…, kebetulan waktu sy urus sim sy udah lewat masa berlakunya, jadi ikut tes lagi..

       
  14. awang

    Februari 17, 2013 at 10:26 am

    Nupang tanya bro budi.
    kalo mutasi dr jakarta timur, ngurus pemgatarnya juga di daan mogot?
    Ane mau mutasi sim juga dr jakata timur ke cileungsi.
    Salam,
    Awang

     
    • budicileungsi

      Maret 6, 2013 at 8:51 am

      sama aja bro awang, semua data kan di daan mogot..

       
  15. Roy'son

    Juni 14, 2013 at 4:27 am

    Salam Om Bro
    Ane juga penghuni baru di cileungsi neh di perum GNI, ane pengguna Scorpio
    Bisa mita no kontak om bro ( email aja ke royhotpipes@gmail.com)
    Sapa tau bisa kopi darat sambil ngopi beneran..he.he.he…

     
  16. kutu_kupret

    Maret 28, 2014 at 9:54 am

    Nih ane fresh from the oven barusan cabut berkas dari jakarta daan mogot, ane langsung disuruh ke lantai 2 bag Arsdok ane serahkan semua perlengkapannya. Petugasnya bergaya friendly nanya2 kerja dimana tinggal dimana udah pernah mutasi blm dst buntutnya minta 100rb krn ane bilang karyawan (disinyalir investigasi ini utk mengetahui calon korban biar aman kl bilang wartawan atau aparat kpk atau sejenis mungkin tdk berani jd utk kawan2 hati2 disini agar tdk terjebak) tp waktu itu sy langsung bilang mahal amat ini ada 50rb gmn? Dia bilang kek pedagang aja ditawar sampai ngotot dng banyak alasan. Akhirnya Ane bilang ok 100rb tp sy minta kwitansi tp dia ngga berani akhirnya 50rb dia trima jg dng wajah dongkol. Tp ane tetep ngga ikhlas krn 50rb ngga ada kwitansinya jg….ane sempet berpikiran negatif bakal dipersulit dilama2in atau yg lain. Tp alhamdulillah lancar dpt pengantar saat ambil mukanya tetep cemberut. Demikian pengalaman ane semoga yg lain tdk asal beri pungli

     
    • budicileungsi

      September 22, 2014 at 10:30 am

      waduh.., pas ane cabut berkas polos2 aja tuh bro…, pas apes ente.. hehe..

       

Tinggalkan Balasan

 
