RSS

Bore Up Yamaha Byson

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 8, 2017 in Uncategorized

 

BORE UP YAMAHA BYSON


Assalamualaikum…

Yamaha Byson, sepeda motor yang seolah tenggelam oleh gegap gempitanya kelahiran sepeda motor type sport yang semakin marak akhir2 ini, kebetulan beberapa hari yang lalu saya mendapatkan info dari teman saya yang bekerja di Cikarang tentang sahabatnya yaitu seorang pengendara Byson yang mengeluh mesin motornya berisik dan ngebul, setelah berdiskusi via bbm, beliaupun menceritakan kondisi dari tunggangannya yang bermasalah akhir2 ini, setelah berdiskusi dan akhirnya ybs datang ke bengkel mungil saya ini, setelah saya cek ternyata benar, mesin sudah harus diberikan sentuhan “halus” agar dapat kembali fit dan bertenaga, setelah saya bongkar, ternyata piston sudah oversize 100, dan karena jika ingin distandarkan kembali sepertinya percuma, kenapa? karena byson ini telah diberikan sedikit “doping” penambah tenaga, yaitu karburator PE dan CDI unlimiter merk BRT, setelah berdiskusi dan sedikit saya beri “racun” akhirnya disepakati untuk sekalian menambah tenaga sang Byson dengan merubah cc dengan yang lebih besar.

salah satu sebab mesin berisik yaitu klep yang sudah aus, sehingga mau tidak mau harus diganti, karena disamping mengeluarkan suara yang tidak mengenakan bagi telinga, juga mempengaruhi performa.

setelah urusan klep beres (dengan melakukan proses skur klep tentunya), fokus beralih ke area blok seher yang harus di shok ulang / overbos untuk dapat dijejalkan dengan piston yang lebih besar dari piston asli Byson, dalam hal ini saya memakai piston dari Honda Tiger dengan os 0 / standar, kenapa saya pilih os 0? karena sepeda motor ini hanya digunakan sebagai transportasi untuk bekerja saja, bukan buat balapan hehehe…

bentuk piston juga mengikuti bentuk asli dari piston Byson, terutama dari posisi cekungan klep pada piston, karena piston Tiger polos tanpa adanya cekungan untuk klep, piston dibuat sedemikian rupa dan semirip mungkin dengan piston Byson, semua pengerjaan sektor ini dikerjakan oleh tukang bubut, alhamdulillah saya dapat kenalan tukang bubut yang dapat diajak berdiskusi mengenai ini, setelah semua pengerjaan bubut membubut telah selesai, maka perakitanpun dimulai, oh ya khusus untuk ruang bakar pada kepala silinder sedikit dirubah untuk menyesuaikan bentuk piston, karena jika memakai bentuk ruang bakar asli byson dikhawatirkan kompresi terlalu tinggi, maka bor tuner yang berbicara.

setelah semua perakitan telah selesai, tes pun dimuli, dengan sedikit inreyen tentunya, Ahamdulillah mesin terdengar halus dan tenaga terasa sangat padat berisi, setelah selama 2 hari saya reyen, saya tes jalan dengan menyusuri pantura dari Comal menuju kota Pemalang, oper gigi saya usahakan konstan tiap 5.000 rpm, sedikit demi sedikit rpm saya tambah dan konstan pada rpm 6.000, dan kecepatan konstan di 80 km/j, saya rasa cukup karena kondisi mesin masih reyen dan tidak berani untuk membetot gas lebih dalam, karena pada proses reyen inilah yang jadi penentu mesin bisa awet atau tidaknya.

demikian sedikit utak atik mengenai Yamaha Byson, masih belajar dan terus belajar, mohon maaf tidak bisa membuka secara gamblang semuanya 🙂

wassalamualaikum…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 5, 2017 in Uncategorized

 

Pulang kampung

Assalamualaikum…

Lama gak ngebuka warung kecil ini, mohon maaf karena saya sudah tidak bersomisili di Cileungsi lagi, dan sudah pindah (tepatnya pulang kampung), saya sekarang berdomisili di Comal Pemalang Jateng, dan sedang buka usaha bengkel kecil2an dirumah, mungkin rekan2 ada yg mau konsultasi masalah motor monggo dilanjut saja, saya bantu semampu saya, terima kasih masih ada yg mau berkunjung ke warung saya ini walaupun lama saya tinggalkan.

wassalamualaikum…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 27, 2017 in Uncategorized

 

Mobil….prestige, gaya, atau butuh?

Assalamualaikum masbro semua..

Artikel ini saya ingin membahas diluar dari roda dua sebagai aktifitas saya sehari-hari, yaitu kendaraan yang bisa muat sekeluarga yaitu mobil, memang, saya tidak menampik kebutuhan orang pasti berbeda-beda untuk urusan kendaraan, ada yang berfikiran “ah ngapain gw beli mobil, toh dengan motor aja dah cukup ko'”, atau “mending gw sewa aja lah kalo emang gw kepepet banget harus pake mobil” dan lain sebagainya, ya itu sah-sah saja masbro…., hak masing-masing.. 🙂 , tapi khusus bagi saya dan mungkin banyak orang yang berfikiran sama dengan saya, untuk saat ini kendaraan roda 4 sangat saya butuhkan, karena kebetulan saya sedang mencoba usaha baru (artikel sebelumnya) yang mobilisasinya sudah tidak bisa dijangkau dengan roda 2 masbro, ya dengan sangat harus (bukan terpaksa 🙂 ) saya membeli sebuah mobil tua untuk menunjang aktifitas saya sehari-hari.

Awalnya saya diskusi dengan istri saya jenis mobil apa yang cocok untuk digunakan buat saya sehari-hari dan terutama nyaman digunakan untuk mudik lebaran, karena saya telah dikaruniai dua orang putri yang cantik-cantik (amiiin 🙂 ) otomatis saya tidak mungkin mengabaikan permintaan istri untuk menentukan jenis mobil, sempat saya sodorkan beberapa model mobil, minibus, station wagon, atau sedan, dengan segala pertimbangan akhirnya kami berdua sepakat menjatuhkan pilihan pada jenis sedan, mulailah saya hunting kesana kemari, mulai dari showroom ( pedagang mobil bekas ) dari mulai merk A sampai Z…. tapi ko’ blom ada yang sreg dihati ya?

Alhamdulillah setelah konsultasi dengan teman yang seorang mekanik mobil (thanks bro Ino), dan ndilalah ada tawaran dari seorang teman ( thanks bro Dodi ) yang kasih info bahwa mobil abangnya rencananya mau dijual yaitu Mitsubishi Lancer tahun 1995 ( Evo III ), dan harga yang relatif murah yaitu 53juta ( dibandingkan di showroom yang bisa mencapai 65 juta ) sayapun dengan suka cita dan berseri-seri…(halah).. :mrgreen: menyambut tawaran dari teman saya itu, tetapiiiiiiiiiii…. ternyata mobilnya untuk saat itu berada di kota Purworejo..dan satu lagi..Plat Bandung !! 😥

Tetapi setelah kembali berdiskusi dan dikirimkan penampakan fotonya via email, saya tertarik, karena kondisi masih sangat terawat, dan satu lagi.. ada jaminan pinjam KTP 🙂 , jadi ga perlu repot-repot mutasi dulu untuk saat ini hehehe…, maka berangkatlah kami bertiga menuju kota Purworejo dengan menggunakan Bis, berangkat jam 6 sore, tiba di Purworejo jam 4 pagi dan langsung dijemput sama yang punya mobil (Alhamdulillah 🙂 ), pada saat dijemput dan masuk kedalam mobil…, wuiiiih terasa banget kondisi fisik dan mesinnya masbrooo…., body masih ngaleng, mesin adem…AC dingin dan tarikannya maknyuuuussss….., memang Mitsubishi Evo III terkenal dengan kecepatannya !!!

Setelah tiba dirumah ybs, saya dan teman saya sedikit mengecek kondisi mobil, semua instrumen dasbhboard fungsi, mesin halus, memang sih ada sedikit kebocoran oli dari delco, tapi ga masalah, dan yang paling penting masbro…untuk body maknyusss…masih mulus tenaaan.., walaupun ada sedikit baret, tapi wajarlaaaah…namanya juga mobil seken…tua lagi.. dan Alhamdulillahnya lagi masbro…abang teman saya itu merelakan mobil + surat2nya saya bawa…tanpa bayar sedikitpun !! pembayaran saya lakukan setelah saya tiba dirumah…thanks a lot bro Andi !! , sebelum kami pulang kembali ke Cileungsi saya sempat kepikiran, boros ga ya nih mobil ?? karena disamping terkenal karena kecepatannya Mitsubishi Evo III juga dikenal dengan keborosannya :mrgreen: , tetapi ternyataaaa masbrooo…mobil ini termasuk irit jugaaaa !!! mungkin karena perawatannya juga kali yaa.., bayangkan saja..saya hanya menghabiskan uang sebesar 150ribu untuk isi bensin dari Purworejo sampai Cileungsi !!! ediaaaaannn…,
memang sih saya tidak full menggunakan AC, maklumlaaaah… laki semua…mulut pasti nempel terus tuh sebatang rokok 🙂 .. kecuali hujan baru saya hidupkan AC.., dan yang terpenting masbro.., saya memutuskan membeli mobil bukan karena prestige, gaya2an, apalagi nampang…tapi karena butuh…, dan Alhamdulillah hingga saat ini ( saya menamainya si Ijo 🙂 ) telah menemani saya mengais rejeki yang sedikit lebih besar dari saya menggunakan sepeda motor…Alhamdulillah…

berikut penampakannya masbro…

interior

interior


Interior

Interior


Plat nomornya dooong :mrgreen:

Plat nomornya dooong :mrgreen:


Mitsubishi Lancer Evo III

Mitsubishi Lancer Evo III

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada September 8, 2012 in Uncategorized

 

Tag: , , ,

Usaha Baru..

Assalamualaikum masbro semua..

Lama banget gak buka warung ini…, kangen sangat…, terus terang masbro saya sedang merintis usaha baru bersama rekan2 senasib sepenanggungan ( halah…) kami kalau bisa dibilang sudah bosan untuk jadi pegawai…, dengan modal seadanya hasil patungan, kamipun “nekat” buat usaha ini, memang untuk awalnya sangat susah untuk menyatukan isi kepala dari 5 orang, terutama ego.., tetapi Alhamdulillah hingga saat ini walaupun masih sangat awal, kami bisa membuka pintu rezeki selain dari yang sudah ada selama ini.

Saya dan rekan2 saya sedang menggeluti bisnis bahan kimia masbro, untuk awal memang kami hanya atau masih sebatas Trader saja, tetapi jika Allah meridhoi, InsyaAllah dalam waktu dekat ini kami akan mempunyai Pabrik sendiri, walaupun masih dalam skala kecil, namun kami tetap optimis…

Mohon doa restunya masbro semua..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2012 in Uncategorized

 

Tag: , ,

Mutasi SIM dari Jakarta ke Bogor

Assalamualaikum masbrooo…

dah lama ga buka warung kecil bin imut ini…, kangen juga 🙂 berikut saya ceritakan pengalaman saya mengurus mutasi SIM saya dari kota Jakarta ke Bogor, maklum rakyat kecil, terpaksa harus tinggal “minggir” dari Jakarta..hehe.., karena saya ingin segala urusan menyangkut administrasi saya maupun keluarga tidak terjadi data yang tumpang tindih dan carut marut, saya pun memberesi segala sesuatu yang bersangkutan dengan surat2 catatan sipil saya, mulai dari KTP, KK, dan terakhir SIM saya, maka setelah tanya sana sini dengan rekan yang mengerti tentang proses mutasi SIM, maka berangkatlah saya pada hari sabtu tanggal 14 April 2012 lalu ke tempat pengurusan SIM Polda Metro Jaya di bilangan Daan Mogot sana, kenapa saya pilih hari sabtu? alasan pertama…gak macet..dan sepiiiii masbrooo…!!!

Setelah saya sampai sekitar pkl 09.30 wib sayapun langsung masuk, dan saya amat terkejut dengan keadaan tempat pembuatan SIM sekarang…bersih dari Calo masbroo !! wuiiih…mantaaaap…!!! , sayapun langsung dihampiri oleh bapak Pulisi yang cukup ramah menanyakan keperluan saya, “Siang Pak, mau mengurus SIM?” saya langsung jawab, ” Siang juga Pak, nggak Pak, kebetulan saya mau mutasi SIM saya dari Jakarta ke Bogor”, dengan sigap si bapak Pulisi langsung memberi petunjuk, ” Langsung saja Pak ke Lantai dua, bagian arsip, tapi jangan lupa KTP dan SIM nya difotocopy dulu 2 lembar”…..”SIAAAAPPP PAAAAK…!!!!” 🙂

Sayapun langsung menuju ke bagian Arsip di lantai dua, dan ternyata memang betul masbro, cukup siapkan fotocopy KTP dan SIM 2 (dua) lembar saja dan langsung diberikan kepada petugas diloket , tunggu kurang lebih 30 menit……sayapun dipanggil dan diberikan hasil Print out data dari SIM Jakarta saya, setelah itu saya disuruh menuju ke salah satu ruangan ( dilantai yang sama ) untuk mengambuil surat pengantar untuk pengurusan ke Bogornya….setelah itu…Selesai !!! tanpa dipungut biaya apapun !!! sekali lagi…Mantaaaaappp…!!!! 🙂

Contoh Surat Pengantarnya masbroo...

Contoh Surat Pengantarnya masbroo…

Pada hari senin tanggal 16 April 2012 sayapun mengurus pembuatan SIM Bogor saya di Polres Bogor, tetapi masbrooo…..welahdalaaaah…berbanding 180 derajat situasinya….calonya buanyak bueneeeeeerrrr…!!!! karena saya ingin mengurus sendiri proses Mutasi SIM saya, saya pun menolak segala bujuk rayu para Calo tersebut, bukannya pelit…tapi ga ada duit…hihihihi…, memang sih untuk mengurus sendiri membutuhkan waktu yang agak lebih lama daripada mengurus via Calo…, mulai dari pkl.09.30 selesai pkl.15.00…!!.., tapi puaaaaasss…!!! dan untuk biaya pun bila dibandingkan dengan para Calo…jauuuuuuh masbroooo…!!! cukup untuk beli bensin subsidi selama sebulaaaaaan…!!! wkwkwkwkwk….

Maka dari itu masbroo…, usahakan untuk mengurus SIM sendiri…disamping dari segi biaya bisa berhemat, kan jarang2 tuh kita “nongkrong” seharian di tempat pembuatan SIM…hihihi…

Cukup sekian dulu….semoga berguna, wassalam..!!!

 
30 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 9, 2012 in Uncategorized

 

Tag: , , ,

Ganti Plat Kopling Tiger…

Siang msbroo…

Sedikit membahas kegiatan saya hari minggu kemarin, kebetulan si Matjan akhir2 ini terasa “slip” koplingnya ketika gas dibetot, terutama ketika saya ingin melewati kendaraan besar ( truk sampah terutama, udah bau panjang pula :mrgreen: ), karena memang sangat berbahaya jika sampai “tanggung ” pada saat nyalip tetapi tenaga mesin yang dikeluarkan tidak sebanding dengan laju sepeda motor saya, untuk itu pada hari minggu kemarin saya bongkar deh si matjan, dan ternyata memang kanvas koplingnya dah habis, langsung saja diplototin gambarnya msbro..





Part yang saya ganti adalah sebagai berikut :

1. Kanvas kopling Rp.75.000,- / set
2. Paking Rp. 12.000,-
3. Plat kopling ( besi ) Rp. 15.000,- / lembar
4. Oli Rp. 27.000,- / 1 liter

Total biaya yang saya keluarkan adalah sebesar Rp.129.000,- saja :mrgreen:

Demikian msbro….semoga bermanfaat..

Note: untuk transformasinya belum yaa…belum kelar..tinggal tunggu 1 item lagi..lagi inden..hihihi…

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 9, 2012 in Uncategorized

 

Tag: , , ,